Minggu, 25 September 2011

PELEPASAN ATAU PELARIAN ?

TIDAK, yang anda sebut dengan pelepasan itu tidak lengkap. Anda dalam ketakutan. Anda belum mantap dalam berpijak. Anda pikir bahwa anda spiritual dan kemudian anda takut bahwa materi disekitar anda mungkin mengganggu jalan spiritualitas anda. Anda bayangkan, anda damai dalam diri anda sendiri dan anda takut bahwa materi disekitar anda mungkin mengganggu kedamaian pikiran anda. 

Pelepasan anda dilahirkan dari ketakutan. anda kunci diri anda didalam kamar anda pergi ke hutan dan menyepi. Dunia mungkin mempengaruhi anda, anda takut akan ini. Anda takut keramaian. Ini bukan sanyas atau pelepasan, bukan semadi atau meditasi. Manusia yang selalu hidup dalam kesadaran tidak pernah ketakutan. Seorang yang telah melepaskan diri akan melihat roh dibalik semua materi. Dia tidak melihat lainnya. Dia hanya melepaskan dirinya dari kesadaran materi. Dia tidak akan melarikan diri dari dunia, dia akan menikmatinya. Dia akan menjalani kehidupan sepenuhnya, karena sekarang dia telah melampaui keduanya, materi dan roh. 

Biarkan dunia mencap dia sebagai materialis; lalu kenapa? yang lain mungkin menyebutnya spiritualis, bukan menjadi masalah besar juga. Biarkan dunia mengacau-balaukan, tapi anda seyogyanya tidak terpengaruh. Apa yang dipikirkan orang lain tentang anda, mungkin atau mungkin juga tidak mencerminkan gambaran anda sebenarnya, diri anda sebenarnya-anda tidak perlu perduli dengannya, dengan opini orang lain tentang diri anda. 

Inilah kemudian pelepasan sebenarnya. Jujur lah Terhadap Diri Anda Sendiri.   

Tidak ada komentar: